fbpx

Tiga Perbedaan Besi UNP Dan CNP

Istilah UNP dan CNP sudah familiar diantara orang-orang, tapi tidak sedikit juga diantaranya kesulitan untuk membedakannya.

Ini karena disebabkan kedua jenis besi ini memang memiliki nama dan juga bentuk yang sekilas mirip. Bagaimana dengan Anda? Masih kebingungan untuk membedakannya? Yuk cari tahu perbedaan antara UNP dan CNP di bawah ini.

 

Mengenal UNP

 

Ada beberapa sebutan untuk UNP: U channel, Kanal U atau profil U. istilah-istilah ini sama saja maksudnya adalah besi UNP. Ciri utama dari besi UNP dari segi bentuk yakni menyerupai huruf U atau memiliki bagian bawah yang terbuka dan memiliki lengkungan ke bawah. Ini makanya banyak orang menyebut jenis besi ini sebagai profil U atau U Channel.

 

Umumnya, UNP berfungsi sebagai: memperkuat saluran air, penutup dinding, penutup dudukan atap, rangka komponen konstruksi, penopang jembatan kecil, dan lain sebagainya.

 

Karena mempunai peran serupa dengan I-Beam / WF besi UNP ini sering digunakan untuk struktur atau pondasi bangunan, dengan bobotnya yang lebih ringan dan tidak memberatkan.

 

UNP memiliki beberapa variasi ukuran yang bisa anda lihat disini.

 

Mengenal CNP

 

CNP atau juga sering disebut sebagai C channel atau kanal C, menyerupai bentuk hurup C yang sepintas terlihat serupa dengan pipa oval. CNP sering menjadi pilihan karena penggunaannya mudah dan praktis. Tidak jauh berbeda dengan UNP, bahan CNP juga kuat dan kokoh serta anti rayap.

 

CNP biasanya digunakan untuk rangka atap bangunan, gording atap, kanopi, pagar rumah, dinding cladding, tiang dan lainnya.

 

CNP memiliki beberapa variasi ukuran, bisa dilihat disini.

 

Perbedaan UNP dan CNP

 

Dari pengenalan besi UNP dan CNP, kita lanjut untuk melihat perbedaan di antara keduanya yaitu:

 

Dari segi bentuk

Dari segi bentuknya sudah bisa terlihat perbedaan yang cukup mencolok. Besi UNP menyerupai bentuk yang mirip dengan huruf U yang memiliki bagian atas terbuka. Sebaliknya CNP bentuknya menyerupai huruf C dan hampir mirip dengan pipa oval tetapi memiliki bagian atas yang terbuka.

 

Dari segi fungsi

CNP memiliki beberapa fungsi seperti gording atap, tiang, dinding cladding pagar dan lainnya. Sedangkan UNP memiliki fungsi sebagai penutup dinding, penutup dudukan atap, rangka komponen konstruksi dan sebagainya.

 

Dari segi harga

CNP memiliki harga lebih murah dibandingkan besi UNP. Jika Anda sedang membutuhkan CNP atau UNP dan ingin memastikan harga, hubungi tim marketing Panca Logam Sukses Mandiri untuk mendapatkan penawaran terbaik.

 

Itulah ketiga perbedaan yang ada pada UNP dan CNP. Semoga informasi ini bisa menjawab kebingunan dalam membedakan antara besi UNP dan CNP.

 

Jika anda membutuhkan UNP dan CNP berkualitas dan juga besi baja lainnya, silakan menghubungi PT. Panca Logam Sukses Mandiri melalui kontak berikut untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.


 

PT  Panca Logam Sukses Mandiri adalah salah satu distributor besi dan baja, untuk keperluan industri dan konstruksi, berlokasi di Jakarta yang siap melayani permintaan barang di seluruh Indonesia.

 

Untuk informasi lain tentang produk di atas silakan hubungi :

(+62) 852-9000-8531