fbpx

Proses Fabrikasi Plat Logam: Mengenal Jenis-Jenis dan Fungsinya

Proses fabrikasi plat logam merupakan tahapan penting dalam manufaktur untuk menghasilkan produk yang siap digunakan. Dalam proses ini, material seperti plat, pipa, dan baja dirangkai dan dibentuk dengan berbagai tahap sesuai standar yang telah ditentukan. Tujuan utamanya adalah menghilangkan bagian yang tidak penting, membentuk kontur tertentu, melapisi plat, menggabungkan plat menjadi produk yang lengkap, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa jenis proses fabrikasi plat logam yang perlu Anda ketahui:

1.     

Cutting: Pemotongan Plat Logam Proses pemotongan plat logam dapat dibagi menjadi tiga jenis: blanking (pemotongan untuk menghasilkan produk jadi), punching (pembuatan lubang pada plat logam), dan laser cutting (pemotongan plat logam menggunakan mesin laser).

2.     

Bending: Pemberian Tekanan pada Plat Logam Bending adalah proses pemberian tekanan pada permukaan plat logam sehingga bagian tersebut mengalami deformasi plastis. Ada beberapa jenis bending, seperti roll bending, angle bending, roll forming, press brake bending, dan draw bending.

3.     

Welding: Pengelasan Logam Pengelasan adalah teknik penyambungan logam dengan mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi. Proses ini menghasilkan logam yang menyatu dan dapat digunakan untuk melapisi material atau membentuk geometri benda yang tahan terhadap berbagai elemen.

4.     

Deep Drawing: Pembentukan Logam dalam Bentuk Tabung Deep drawing adalah proses pembentukan logam dari lembaran menjadi bentuk tabung dengan kedalaman tertentu. Proses ini sering digunakan untuk menciptakan bentuk silinder pada produk plat logam.

5.     

Marking: Pembuatan Goresan atau Tulisan pada Plat Logam Proses marking melibatkan pembuatan goresan atau ukiran dengan bentuk tertentu pada permukaan plat logam, serta pembentukan tulisan untuk tujuan estetika atau informasi produk.

6.     

Assembling: Perakitan Komponen menjadi Produk Utuh Proses assembling adalah tahap perakitan atau penyatuan komponen-komponen menjadi produk yang lengkap. Ini merupakan tahap akhir dalam proses fabrikasi, di mana part-part yang telah dibuat sebelumnya disatukan menjadi satu.

7.     
Painting: Pengecatan Produk Plat Logam Pada beberapa kasus, produk dari plat logam perlu melalui proses pengecatan agar lebih awet dan menarik. Proses pengecatan dapat dilakukan dengan metode penyemprotan atau pelapisan menggunakan bubuk (powder coating).

 

Dengan memahami berbagai jenis proses fabrikasi plat logam, Anda dapat lebih memahami tahapan yang diperlukan dalam menghasilkan produk yang berkualitas. Setiap jenis proses memiliki peran penting dalam membentuk plat logam menjadi produk yang siap digunakan.


 

PT  Panca Logam Sukses Mandiri adalah salah satu distributor besi dan baja, untuk keperluan industri dan konstruksi, berlokasi di Jakarta yang siap melayani permintaan barang di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lain tentang produk di atas silakan hubungi :

(+62) 852-9000-8531